Penipuan melalui Internet
Mohon baca secara seksama

TNT mengetahui bahwa telah terjadi penipuan yang mengatasnamakan TNT melalui website dan email berupa penipuan pada pengguna internet. Penipuan tersebut menggunakan modus operandi berupa perminataan transfer dana untuk pembelian berbagai barang-barang melalui Internet, sebelum barang-barang tersebut dikirim oleh TNT. Atau email yang berisi perintah untuk pembayaran di muka untuk pemenang berbagai hadiah undian.

Kami menyarankan para pelanggan untuk berhati-hati atas berbagai permintaan pembayaran di muka secara on-line, dan bahwa nomer kiriman atau nomer lacak yang disebutkan dalam email penipuan tersebut tidak bisa dijadikan bukti bahwa kiriman tersebut dalam pengawasan atau otoritas TNT.

Jika Anda ragu-ragu akan keotentikan atau keaslian komunikasi dengan TNT atau apakah TNT memang tengah menangani pengiriman Anda, silakan hubungi Customer Service hotline kami di: 0807 1 777 888.

TNT tengah melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk terulangnya tindakan penipuan yang mengatasnamakan TNT. Departemen Layanan Pelanggan, Keamanan dan Hukum kami tengah bekerja sama untuk mengkomunikasi masalah ini kepada para pelanggan TNT serta menghentikan akibat yang lebih jauh lagi dari aksi penipuan ini. Lebih lanjut, kami telah bekerja sama dengan berbagai institusi nasional dan internasional untuk mencegah berlanjut dan terulangnya tindakan penipuan tersebut (berbagai institusi tersebut di antaranya pemerintah Indonesia, Western Union, eBay)

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda menjadi korban penipuan on-line? 

Dalam rangka untuk secepatnya menutup website atau alamat email palsu yang digunakan dalam tindakan penipuan dan mencegah terulangnya kasus yang serupa di masa yang akan datang, kami sarankan Anda untuk meneruskan email penipuan tersebut ke e-crime@tnt.com. Sebagai informasi, setelah Anda meneruskan bukti email penipuan tersebut, Anda tidak akan menerima email balasan dari kami.

Selanjutnya, kami menyarankan Anda untuk melaporkan penipuan tersebut ke pihak yang berwajib. Dari berbagai kasus yang telah terjadi, pihak yang berwajib telah menangkap para pelaku penipuan dan melakukan proses hukum dari kasus tersebut.

Informasi yang Anda sampaikan ke e-crime akan diteruskan ke departemen keamanan global TNT. Departemen tersebut akan menggunakan informasi dari Anda sebagai bukti dalam menyelesaikan masalah hukum dengan pihak yang menaungi website atau alamat email palsu tersebut. Kami telah membangun hubungan baik dengan berbagai penyedia layanan internet (ISP), termasuk Microsoft, Yahoo dan AOL. Setelah TNT melaporkan bukti-bukti penipuan tersebut, para ISP akan menindaklanjuti laporan tersebut dalam kurun waktu 24-48 jam. Di paruh dua tahun 2007, TNT telah melaporkan berbagai kasus penipuan yang mengatasnamakan TNT dan berhasil menutup lebih dari 1.500 website dan alamat email palsu yang digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penipuan berbasis internet, silakan hubungi berbagai organisasi di bawah ini:

e-Auction atau berbagai kegiatan yang berhubungan dengan internet

Jika Anda melakukan transaksi pembelian melalui Internet dan menggunakan eBay, kami menyarankan Anda untuk mengecek informasi yang tertera di Trust and Safety Center eBay di www.ebay.com, untuk berbagai layanan pembayaran Western Union juga menyediakan panduan untuk menghindari penipuan melalui internet yang dapat Anda baca di website global www.westernunion.com

Informasi tambahan mengenai penipuan melalui internet juga bisa Anda dapatkan dari Federal Trade Commission - http://www.ftc.gov/bcp/edu/microsites/idtheft/index.html

e-Lottery dan hal-hal yang berhubungan dengan undian berhadiah

Jika Anda mendapat permintaan untuk melakukan pembayaran di muka untuk mendapatkan hadiah undian atau modus operandi yang serupa, panduan bisa Anda dapatkan dari: http://www.fraudwatchinternational.com/lottery/

 

Informasi Umum

Inggris Raya (& Eropa) 
Consumer Direct adalah pusat layanan telepon dan on-line milik pemerintah yang akan memberikan informasi dan saran atas berbagai masalah yang dihadapi konsumen (bekerja sama dengan Badan Pengawas Persaingan Usaha dan Otoritas Pengawas Standar Layanan Perdagangan). Mereka menyediakan panduan, saran dan laporan, yang dapat diakses di www.consumerdirect.gov.uk

Badan Pengawas Persaingan Usaha Inggris Raya juga menyediakan panduan di www.oft.gov.uk

USA
National Fraud Information Center and Internet Fraudwatch Program bertanggung jawab atas website yang berisi berbagai laporan tentang praktek penipuan dan memiliki informasi lengkap mengenai berbagai penipuan melalui internet yang dapat Anda akses di www.fraud.org/internet/intinfo.htm and www.fraud.org

Bagaimana cara untuk menghindari penipuan melalui internet

Pelanggan yang menerima berbagai komunikasi penipuan diminta untuk meneruskan informasi tersebut. Informasi tersebut selanjutnya akan dijadikan bukti-bukti oleh departemen keamanan global untuk menyelesaikan masalah hukum dengan berbagai penyedia layanan internet yang menjadi host dari website dan alamat email yang digunakan untuk aktivitas penipuan. Para penyedia layanan internet termasuk Microsoft, Yahoo dan AOL akan merespon laporan penipuan tersebut dalam kurun waktu 24-48 jam. Dalam paruh dua tahun 2007, TNT telah menutup lebih dari 1.500 website dan alamat email yang digunakan untuk operasi penipuan atas nama TNT.

Selama proses investigasi berlangsung, kami menyarankan pelanggan untuk melaporkan kasus penipuan tersebut kepada pihak yang berwajib. Dari beberapa contoh kasus, pihak yang berwajib telah melakukan penindakan pada pelaku penipuan.

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, TNT telah melakukan program edukasi mengenai e-crime kepada staff Customer Servicenya. Di mana program tersebut berhasil meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan mengenai masalah eCrime yang mengancam perusahaan. Komunikasi mengenai masalah ini dilakukan dalam berbagai bentuk, di antaranya: pertemuan antara Global Security dan Compliance dengan Customer Services, regular newsletter, panduan jawaban atas pertanyaan pelanggan, dan panduan untuk Customer Service dalam mengidentifikasi dan merespon kasus e-crime.