Faktur Komersial

Lakukan dengan benar agar proses transit menjadi lebih cepat

Kunci untuk kelancaran penanganan kepabeanan adalah kelengkapan faktur komersial dengan benar. Pihak berwenang pabean memerlukan penilaian kemungkinan biaya pajak dan bea. Pengisian yang benar akan membantu menghindari keterlambatan.

Templat faktur komersial

Untuk membantu Anda melengkapi faktur komersial, kami telah menyiapkan templat yang mudah digunakan. Harap perhatikan: Templat ini disediakan hanya sebagai panduan bagi pelanggan. Penandatangan bertanggung jawab untuk melengkapi dan menyerahkan faktur komersial.

Hal-Hal Penting Mengenai Faktur Komersial

Isi kiriman Anda

 

Deskripsi barang

Deskripsi barang membantu petugas bea cukai mengetahui isi kiriman Anda dengan jelas. Deskripsi barang harus menjelaskan isi barang, bahannya, dan tujuan penggunaannya (jika ada). Deskripsi barang harus jelas dan menguraikan semua barang yang dikirimkan.

 

Kode Tarif Seragam

Sistem Seragam (Harmonised System/kode HS) menggolongkan barang agar petugas bea cukai mengetahui pajak, bea, dan pengawasan mana yang berlaku. Ini tidak wajib, namun mencantumkan kode dapat membantu mempercepat proses izin bea cukai.

$

Cantumkan nilai yang akurat pada pengiriman Anda

Meskipun barang tersebut hanya berupa sampel, hadiah, atau pengembalian, tapi tetap memiliki nilai, setidaknya biaya produksi. Nilai yang disebutkan harus seakurat mungkin. Jika pihak bea cukai meragukan penilaian Anda, kiriman Anda bisa mengalami keterlambatan dan dikenai denda. Sebagai kiat tambahan, cantumkan daftar nilai barang dalam mata uang yang Anda sebutkan pada faktur.

Negara asal

Menjelaskan lokasi pembuatan barang. Bisa berbeda dengan asal negara pengiriman. Beberapa kasus tertentu mungkin memerlukan Surat Keterangan Asal. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Surat Keterangan Asal, harap hubungi Chamber of Commerce setempat.

Pilih Incoterm yang tepat

Anda harus mengisi Istilah Penjualan (Incoterm) pada semua faktur komersial. IncotermsĀ® 2010 adalah standar yang diakui di seluruh dunia yang ditetapkan oleh Chamber of Commerce Internasional. Incoterm memungkinkan petugas bea cukai selalu dapat mengidentifikasi pemilik pengiriman selama perjalanan.

Jika Anda memiliki kontrak penjualan, kontrak tersebut akan menyebutkan Incoterm. Jika tidak memiliki kontrak penjualan, Anda harus memilih salah satu Incoterm yang berlaku untuk pengiriman Anda melalui angkutan darat atau udara. Misalnya DAP (Delivered at Place/Diantar di Tempat), berarti sebagai pengirim, Anda membayar biaya pengiriman namun penerima bertanggung jawab atas pajak dan beanya.

Melewati proses bea cukai tanpa kendala

Sekarang Anda dapat melihat cara melewati bea cukai tanpa kendala berkat faktur komersial yang benar. Anda dapat mengisi faktur komersial sendiri, atau menghemat waktu dengan menggunakan templat faktur komersial dari kami.

Dengan mengunjungi dan menggunakan situs web ini, berarti Anda menyetujui penempatan cookie oleh TNT dan mitra-mitranya. Ketahui lebih lanjut